Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat1

Setiap orang tentu mendambakan kehidupan-nya yang sejahtera serta terbebas dari seluruh penyakit yang ada. Namun, Walau sudah menjaga diri supaya terhindar dari sumber penyakit, suatu musibah mungkin masih bisa menimpa kita.

Apabila begitu, maka mau tidak mau kita pun perlu berobat ke puskesmas, rumah sakit atau klinik terdekat agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Hal tersebut-lah yang seringkali membuat masyarakat merasa kebingungan sebab biaya pengobatan atau biaya pemeriksaan di fasilitas kesehatan sangatlah mahal.

Apalagi prosesnya yang membutuhkan waktu yang lama dan rumit, misalnya pendataan pasien di faskes yang bersangkutan.

Tetapi, kalian tidak perlu risau lagi dengan adanya masalah waktu yang cukup lama saat melakukan proses pendataan di rumah sakit maupun di puskesmas.

Sebab saat ini pemerintah sudah meluncurkan suatu aplikasi yang bertujuan untuk menjadi bantuan bagi masyarakat yang mau berobat ataupun mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpadu.

Aplikasi itu dinamakan Aplikasi Keluarga Sehat pis-pk yang bisa kalian akses dengan bebas di situs resmi-nya atau bisa juga dengan langsung mengunduh aplikasi-nya di ponsel android kalian.

Supaya tidak melewatkan fitur dan juga keuntungan yang kalian dapatkan saat memakai aplikasi tersebut, maka simak-lah penjelasannya dibawah ini.

Apa Sih Aplikasi keluarga Sehat Itu?

Aplikasi Keluarga Sehat1

Aplikasi Keluarga Sehat ini merupakan perangkat lunak berbasis web dan Android yang dipakai oleh petugas kesehatan setempat serta diharapkan menjadi pusat data, informasi dalam rangka program Indonesia Sehat yaitu lewat pendekatan keluarga.

Fitur Aplikasi Keluarga Sehat

Berdasarkan penelitian kami dari laman resmi Keluarga Sehat, aplikasi ini sudah hadir dengan versi v2.0 dan juga sudah menyediakan beberapa fitur yang bisa membantu kalian dalam hal manajemen pengelolahan data.

Sebagian fitur baru juga dihadirkan di versi ini dan dilansir dari laman website resmi keluargasehat.kemkes.go.id.

Fitur Tahun Aktif

aplikasi keluarga sehat pis-pk1

Fitur ini cuma bisa dipakai oleh admin pusat, dan manajemen tahun pelaporan data survei untuk semua pengguna. Sebelum itu, aplikasi yang bisa dipakai akan ditentukan kapan periode aktif untuk penginputan data-nya di tahun berjalan.

Fitur Tranfer Wilayah Kerja

Fitur ini bisa kalian pakai untuk memindahkan data keluarga pada suatu wilayah desa atau kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan yang hanya bisa dipakai untuk admin pusat.

Fitur Wilayah Kerja

aplikasi keluarga sehat lampung2

Fitur ini hanya bisa dipakai khusus untuk Admin PKM. Digunakan untuk memetakan desa atau kelurahan pada suatu wilayah kerja puskesmas dengan menginput ataupun mendaftarkan wilayah kerjanya per desa atau kelurahan baik di dalam satu wilayah kecamatan ataupun lebih.

Fitur Rukun Warga

aplikasi keluarga sehat kaltim2

Fitur ini bisa kalian pakai untuk menginput atau mendaftarkan RW serta RT yang ada di wilayah kerjanya per kelurahan atau desa.

Bila ada daerah yang tidak mempunyai RW ataupun RT maka setiap puskesmas perlu melakukan inventarisasi daerah itu selanjutnya melakukan penomoran dengan mandiri (Khusus Admin PKM)

Fitur Sasaran Wilayah

aplikasi keluarga sehat login1

Fitur ini digunakan untuk menentukan jumlah target atau sasaran pendataan pada suatu wilayah kerja puskesmas dengan berdasarkan jumlah keluarga sasaran di wilayah kerjanya per desa atau kelurahan (Khusus Admin PKM)

Fitur Target Surveyor

aplikasi keluarga sehat jabar2

Fitur ini juga bisa kalian gunakan untuk menentukan target kinerja surveyor, target ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian serta rasa tanggung jawab untuk para surveyor terhadap data keluarga yang sudah menjadi tanggung jawabnya (Khusus Admin PKM)

Fitur Monitoring Wilayah

aplikasi keluarga sehat kalimantan tengah

Fitur ini bisa kalian gunakan untuk memantau kinerja capaian dari puskesmas ataupun surveyor dengan membandingkan antara target maupun sasaran yang sudah ditetapkan dengan realisasi data keluarga yang sudah diinput

Fitur IKS Puskesmas

aplikasi keluarga sehat jateng1.JPG

Fitur ini bisa kalian gunakan untuk melihat Indeks Keluarga Sehat (IKS) yaitu berdasarkan wilayah kerja puskesmasnya di setiap indikator

Fitur Crosstab

aplikasi keluarga sehat sumbar2.JPG

Fitur ini bisa kalian gunakan untuk menganalisis data dengan memanfaatkan raw data yang sudah diunduh lewat akun admin pkm untuk diolah dengan mandiri serta diupload kembali ke aplikasi untuk di kustomisasi yakni dalam bentuk crosstab analisis data, baik dalam bentuk tabulasi, grafik, dan lain sebagainya.

Tutorial Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat

Jika dilihat dari penjelasan pusdatinmaka ada beberapa cara yang perlu kalian lalui sebelum memakai Aplikasi ini. Yakni sebagai berikut:

1. Pengelola Aplikasi

kalian bisa mendapatkan kesempatan dari Dinkes kabupaten maupun kota sebagai pengelola aplikasi. Untuk menjadi pengelola aplikasi, kalian bisa mengajukan proses inventaris yakni dari daftar puskesmas yang berfokus melakukan pencatatan keluarga sehat. 

Selanjutnya, dari daftar nama calon pengelola aplikasi itu nantinya akan dipilih oleh Dinas kesehatan kabupaten atau kota yang berisikan Supervisor, Admin Puskesmas, serta Kepala Puskesmas. Masing-masing dari pengelola itu terdiri dari satu orang saja.

Sesudah itu, pengajuan juga bisa dilakukan maksimal sepuluh orang yang bertindak sebagai Surveyor. Apabila sebab suatu alasan serta Surveyor yang diperlukan lebih dari sepuluhmaka kalian bisa meminta surat permohonan ke Pusdatin yang sudah dilengkapi dengan alasan kebutuhan tambahan kuota surveyor.

2. Pengiriman Surat Permohonan

Kemudian yaitu pihak Dinkes kota atau kabupaten yang mengirimkan surat permohonan yang sudah berisikan daftar nama calon pengelola Aplikasi Keluarga Sehat.

Isi dari surat permohonan resmi itu mencakupi Nama, kode puskesmas, Nama dan juga NIK dari calon pengelola aplikasi, nomor telepon, jabatan, serta alamat Email.

Data dari calon pengelola yang berikutnya akan dikirim ke alamat Kementerian Kesehatan atau alamat surel yang juga dilengkapi dengan tembusan ke Dinkes tingkat provinsi untuk laporan. Data itu selanjutnya akan melalui proses verifikasi dari kelengkapan informasinya. 

Apabila itu terbukti lengkap dan benar, maka barulah pihak Pusat Data serta Informasi membuat akun yang isinya Dinkes provinsi, Dinkes Kabupaten atau Kota, dan juga administrasi di puskesmas. Akun itu juga nantinya dilengkapi dengan panduan yang berguna untuk mengaktifkan akun.

3. Pengiriman Akun kepada Pemohon

Nah langkah Terakhir, pihak Dinkes Kota atau Kabupaten juga akan mengirimkan akun itu ke pihak pemohon serta diaktifkan oleh pihak puskesmas yang berkait.

Dengan melakukan semua tahapan di atas, maka kalian bisa menjadi pengelola dari Aplikasi Keluarga Sehat serta bisa dipakai untuk mengisi data di dalam aplikasi keluarga sehat.

Download Aplikasi Keluarga Sehat

Nah untuk kalian yang belum mempunyai aplikasi keluarga sehat ini maka kalian bisa mengunduh aplikasinya melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Nama Aplikasi Keluarga Sehat
Versi 2.0
Android Android 4.1+
Download Di Sini

Penutup

Cukup sekian teman teman semuanya pembahasan kami kali ini, semoga di pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video

Rate this post

You May Also Like

About the Author: Den Putra