Cara Instal Windows 7

cara instal windows 7

Baiklah kali ini kami akan memberikan tutorial step by step cara instal windows 7, bagi kalian yang kesulitan untuk menginstal windows 7 di artikle ini akan kami membahas step by step dengan detail dan jelas mulai dari awal instal hingga siap digunakan.

Pengertian Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi Windows yang mungkin paling mudah dipasang. Kita hanya akan ditanya beberapa pertanyaan penting pada saat proses penginstalan, dan sebagian besar proses penyiapannya benar-benar otomatis.

Sama seperti versi Windows lainnya, metode “clean install” atau “advanced” adalah cara paling efektif untuk menginstal ulang Windows 7 dibandingkan dengan pemasangan “upgrade” atau pemasangan paralel yang kurang umum digunakan.

Persiapan Sebelum Instal

Pertama yang harus disiapkan adalah sebuah flashdisk yang berisikan ISO windows 7 dapat kalian download di situs resmi microsoft disini, perlu diingat jika kalian ingin mendownload di situs resmi microsoft kalian harus menyiapkan “produk key” yang berarti kalian harus membeli “produk key” terlebih dahulu sebelum mendownload.

Atau kalian bisa download Gratis disini :

  • Download Windows 7 32-bit disini.
  • Download Windows 7 64-bit disini.

Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

Bootable adalah sebuah fasilitas pada Sistem Oprasi, yang disimpan melalui media seperti Flashdisk, DVD/CD, atau media penyimpanan lain.

Selama ini banyak yang salah tentang Bootable yang dianggap sebagai sistem oprasi yang berada didalam flashdisk, nyatanya Bootable adalah media penyimpanan yang didalamnya ada sistem oprasi.

Jadi bukan hanya DVD/CD saja, melainkan semua media penyimpanan juga bisa disebut sebagai Bootable asalkan didalamnya ada System Operasi, seperti Flashdisk, harddisk, DVD/CD, dan lainnya.

  • Setelah selesai mendownload ISO windows 7 disini kita membutuhkan “Rufus” untuk memburning file ISO yang sudah kalian download tadi, download Rufus disini.
  • Kemudian kalian tancapkan flashdisk kalian lalu buka aplikasi rufus disini kalian tidak perlu menginsal karna setelah mendownload bentuk filenya berupa portable.
  • Dan kalian bisa buka file rufus tadi jika muncul seperti ini kalian pilih NO.
jika seperti ini pilih no
  • Kemudian kalian pilih setingan devault saja dan ganti nama file yang akan di burning terserah kalian misal windows 7 seperti gambar dibawah ini kemudian Start.
rufus
  • Setelah selesai kalian bisa close dan selanjutnya kita masuk tahap penginstalan.
close

Cara Instal Windows 7

  • Pertama masukan flashdisk/dvd yang sudah bersikan file ISO windows 7 yang sudah kalian burning tadi menggunakan rufus.
  • Hidupkan Laptop kemudian masuk ke menu BOOTING dengan cara menekan tombol “F2” namun tidak semuah perangkat atau tipe laptop menggunakan cara tersebut, ada yang menekan tombol “F1, F4, F11, F12, dan tombol del”.
  • Kemudian pilih menu BOOT kemudaian pindahkan posisi flashdisk menjadi nomer 1, lalu tekan “F10” untuk save dan exit.
BIOS
  • Jika sudah kalian akan diarahkan untuk memulai prosen instalasi windows 7, dan jika muncul tampilan seperti ini tekan “ENTER”.
tekan enter
  • Berikutnya adalah bagian untuk menentukan bahasa, zona waktu, dan keyboard disini kalian bisa atur sesuai kebutuhan kalian, jika sudah klik Next dan Install Now.
bahasa dan zona waktu
  • Setelah Proses selesai kita akan diarhkan untuk membaca kebijakan atau aturan windows 7, seperti gambar dibawh kalian bisa centang “I accept the lisence terms” dan klik NEXT.
setuju dan next
  • Kemudian ada pilihan seperti seperti gambar dibawah ini kalain pilih saja yang paling bawah menu “Custom” yang berarti kita menginstal dari awal.

Catatan : Menu upgrade berarti kita akan memperbarui windows yang kita pakai sebagai contoh kalian sekarang menggunakan windows XP, jika kalian pilih menu upgrade maka otomatin windows kalian akan berubah menjadi windows 7.

upgrade dan custom
  • Setelah itu hapus disk C dengan cara delete kemudian klik OK, pastikan terlebih dahulu tidak ada data penting di disk C sebelum melakukan proses penginstalan karna disk C merupakan penyimpanan sistem oprasi windows.
format partisi os
  • Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai kurang lebih 5-15 menit, bisa lebih cepat jika kalian pengguna SSD.
proses instal
  • Jika proses instalasi sudah selesai maka kita diarahkan untuk membuat akun di sistem oprasi yang baru dan memberikan password tetapi jika tidak ingin kalian bisa langsing klik NEXT.
masukan nama akun
password
  • Lanjut kalian akan diberikan arahan untuk memasukan “produck key” tetapi jika kalian tidak memilikinya hilangkan ceklis dan klik Next.
product key
  • Masuk ke menu settings dan kalian atur zona waktu, tanggal, dan jam sesuai waktu di dunia nyata kemudian klik Next.
setting
pilih zona waktu
  • Selanjutnya kalian pilih saja Publick Network ini menandakan sistem oprasi yang kalian gunakan nantinya itu digunakan untuk apa, sebagai contoh saya disini memilih Publick Network karna saya memakai laptop untuk kegiatan sehari hari.
pilih public network
  • Setelah menunggu beberapa saat windows 7 sudah siap digunakan, jika kalian ingin menginstal driver atau aplikasi yang ingin kalian gunakan windows sudah siap dipakai sesuai kebutuhan kalain.
selesai

Baca juga : Cara Instal Windows 10

Demikianlah penjelasan singkat dan padat mengenai cara menginstal windows 7 di laptop baik itu acer, toshiba,HP, dll semoga bermanfaat terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Doni Herlambang

Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak yang suka menulis tutorial seputar gadget dan komputer.